Hemat Listrik

Tips Hemat Listrik Meski Menggunakan Kipas Angin dan AC

AC (air conditioner) dan kipas angin adalah dua alat yang mampu mendinginkan ruangan. Memasuki musim panas, kedua barang elektronik ini menjadi incaran banyak orang. Apapun pilihan Anda untuk membantu mendinginkan ruangan, Anda tetap harus pintar menggunakannya agar konsumsi listrik tidak menjadi boros. Agar efektif, ini dia tips menghemat listrik meski menggunakan kipas angin dan AC sekaligus.

Hemat Listrik1. Jika memungkinkan, gunakan jendela atau ventilasi untuk menurunkan suhu ruangan. Maka dari itu, Anda tak perlu buru-buru menyalakan AC atau kipas angin jika memang ada udara segar di luar yang dapat masuk ke dalam.

2. Cobalah gunakan kipas angin terlebih dulu sebelum menyalakan AC. Mungkin saja problem sirkulasi udara Anda bisa teratasi dengan membuka jendela dan menyalakan kipas angin. Selama masih bisa, manfaatkanlah kipas angin karena AC menggunakan freon untuk bekerja dan ini akan menyumbang pemanasan global.

3. Gunakanlah AC dengan efektif. Ketika sedang menyalakan AC, tutuplah jendela dan ventilasi yang ada. Hal ini untuk memastikan bahwa tak ada aliran udara panas yang masuk dan udara dingin yang tercipta bisa lebih efektif dan efisien.

4. Supaya lebih hemat listrik, hentikan penggunaan AC jika suhu udara sudah tidak panas lagi. Tak ada salahnya memilih AC yang memiliki kemampuan mendeteksi jumlah orang dalam ruangan agar kerjanya lebih optimal.

5. Hindari pemasangan AC dan kipas angin dari paparan sinar matahari langsung. Hal ini dilakukan untuk membuat mesin AC dan kipas angin bertahan lebih lama.

6. Jika memungkinkan, manfaatkanlah pengatur waktu otomatis pada remot AC agar penggunaannya bisa dibatasi.

7. Terakhir, rajin-rajinlah membersihkan kipas angin dan AC supaya kinerja keduanya bisa dipertahankan sama seperti ketika Anda membelinya pertama kali di toko elektronik terdekat.

Mudah bukan tipsnya? Silakan mencoba!

Sumber : http://beritajualbeli.com/category/tekno/

Iklan

One thought on “Tips Hemat Listrik Meski Menggunakan Kipas Angin dan AC

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s